Selasa, 23 Oktober 2018

Daerah Asalku


Saya berasal dari blitar kanigoro. blitar itu kota yang paling enak dan tentran makanya itu orang-orang menyebut blitar kota buat pensiun, saya tinggal di kabupaten yaitu di kanigoro. di daerah saya itu mayoritas penduduk bekerja menjadi petani, dan daerah saya itu belum terjamah pabrik ataupun bangunan gedung-gedung. daerah saya mempunyai keunikan yaitu seni tradisional, yang bernama tiban. tiban itu di adakan setiap tahun waktu menyambut musih hujan tiba.

Tiban itu seni tradisional yang mengandung arti timbulynya sesuatu tidak diduga sebelumnya.
ritual tiban atau seni tradisional tiban berasal dari kata tiba yang berarti jatuh, biasanya ritual ini di daerah saya untuk memanggil hujan yang dalam percakapan sehari-hari disebut udan tiban.
tiban di derah saya itu di lakukan waktu menyambut musih hujan atau waktu kemarau panjang,
tarian tiban ini melakukanya dengan cara mencabuk satu sama lain, atau dengan musuhnya.

Sejarah tiban ini kata kakek saya itu dimulai masa kerajaan kediri berkuasa, dulu saya waktu masih kecil sering ikut acara itu dengan teman-teman kecil saya, memang ritual tiban itu menimbulkan rasa sakit sampek berdarah tapi menurut saya itu seru dan harus di adakan setiap tahun biar seni tari tiban itu tidak di lupakan atau tidak pernah lagi di mainkan.itulah keistimewaan daerah saya dan saya bangga dengan daerah saya, yang ramah tamah sopan santun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar